2
42

Inilah Sederet Keutamaan Dan Kenikmatan Menikah Muda

Menikah bukan selalu tentang berhubungan suami istri secara sah dan tidak berdosa. Menikah merupakan proses kompleks yang melibatkan fisik, pikiran, mental, keberanian menempuh kehidupan baru serta menyatukan dua keluarga. Melihat semua teman sudah berguguran menikah, membuat hasrat menikah semakin menggebu. Tapi menikah tidak semudah yang dipikirkan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar dapat mengarungi bahtera rumah tangga dengan baik. Namun tahukah kalian ternyata keutamaan menikah muda sangat menguntungkan bagi kita. seperti apa? Simak bersama!

Keuntungan Menikah Di Usia Muda

  1. Terhindar dari dosa zina

Gaya berpacaran di era modern saat ini memang sangat memprihatinkan. Dalam agama Islam, berpacaran saja sudah sangat dilarang bukan? jika masih berdekatan dengan yang bukan muhrim serta tidak mampu menahan godaan jelas akan terjerumus kedalam perbuatan dosa zina. Disinilah letak keuntungan menikah diusia muda. kita akan terhindar dari perbuatan dosa zina. Seperti apapun gaya berpacaran suami atau istri insyaallah tidak akan berdosa.

  1. Berada dalam masa subur

Pada usia 20 hingga 22 tahunan, masa ini berada dalam masa produktif. Berdasarkan penelitian, kualitas sperma pada masa itu jadi kualitas terbaik. Bagi perempuan yang melahirkan diusia muda juga meningkatkan keselamatan bagi ibu dan bayi. Dapat dibayangkan kita sudah memiliki 2 anak tapi masih muda. Seperti yang kita tahu bahwa menikah bukan hanya sekedar menghindari perbuatan dosa zina saja. Memiliki keturunan juga jadi tujuan serta jadi kenikmatan nikah muda.

  1. Dapat mewujudkan mimpi bersama

Mengejar karir dimasa muda memang banyak dilakukan demi terwujudnya masa depan cerah. Bila menikah saat masih muda, mengejar karir lebih bersemangat dengan adanya pasangan yang saling mendukung menuju mimpi bersama. Stamina yang prima juga mendukung terwujudnya kesuksessan bersama. Pernikahan penuh berkah akan membuat semua impian terwujud bersama.

  1. Belajar kedewasaan

Dewasa tidak diukur berdasarkan usia. Namun dewasa dapat hadir dari pelajaran hidup. Dari menikah muda kita dapat belajar kedewasaan lebih baik lagi. membina kehidupan berumah tangga memang tidak mudah. kedewasaan sangat diperlukan agar berumah tangga bisa berjalan lancar. Terlebih lagi bila sudah memiliki buah hati. Kedewasaan dan kebijaksanaan sangat diperlukan sebagai teladan bagi anak-anak.

Usia Ideal Untuk Menikah

Mengetahui banyaknya keutamaan menikah muda sebenarnya berapakah usia ideal untuk menikah? Apakah usia 15 tahun bisa dikatakan usia muda dan jadi usia ideal? Berdasarkan hukum negara, dibawah usia 17 tahun seseorang dilarang untuk menikah atau dinikahi. Sebab usia 17 tahun jadi acuan usia masa dewasa seseorang. Menikah bukan hanya persoalan cinta bukan? persoalan kesiapan fisik dan mental serta kedewasaan sangat diperlukan.

Dalam agama Islam sendiri menikah juga tidak ada batasan usia. Sejarah Nabi Muhammad SAW jelas tertulis Rasul menikahi Khadijah saat beliau berusia 25 tahun. sedangkan Khadijah berusia 40 tahun. dari kisah Rasulullah SAW ini dapat jadi acuan bahwa jodoh tidak memandang perbedaan usia. Di era modern saat ini banyak pria enggan menikahi wanita yang lebih tua. juga sebaliknya, wanita enggan menikah dengan pria yang jauh lebih tua. Sebaiknya kita berkaca pada kisah dan teladan Nabi Muhammad SAW tersebut.

Setelah mengetahui banyaknya keutamaan menikah muda serta usia ideal untuk menikah muda, apakah anda sudah siap menjalankan pernikahan di usia muda? (Baca juga: Pengertian Ta’aruf dan Khitbah) Meskipun sangat menguntungkan, menikah di usia muda bukan tanpa resiko. Jadi pahamilah keuntungan serta resiko yang akan didapatkan bila menikah muda.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply