3
19

Apa itu Islam Liberal?

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata Jaringan Islam Liberal atau JIL? Jaringan Islam Liberal didirikan di Jakarta pada tahun 2001. Di tahun itu, masih belum banyak yang mengenal internet sehingga sosialisasi untuk islam liberal ini bisa lebih rata. Ada yang mengatakan bahwa asal mula islam liberal ini berasal dari catatan karya Ahmad Wahib yang berjudul pergolakan pemikiran Islam.

Islam Liberal adalah golongan orang yang ingin menghancurkan islam dengan cara menyebarkan paham yang berbeda dengan ajaran agama Islam. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi untuk golongan muda pada saat itu.

3 Hal Yang Disebarkan Oleh Islam Liberal

  1. Pluralisme

Yang dimaksud dengan pluralism adalah paham yang menyatakan bahwa semua agama sama dan sejajar. Hal ini tentu bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh agama Islam. Pluralism menganggap bahwa setiap agama memiliki teknisnya masing-masing, namun akan berakhir sama saja. Hal ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak mengenal islam karena menyamakan agama Islam dengan agama yang lain.

Dalam ajaran agama Islam, hanya ada satu agama yang paling benar dan itu adalah islam. Kita boleh menghormati orang yang memeluk agama lain namun tidak jika harus membandingkannya dengan agama yang lain. Dari dasar prinsipnya saja, Islam memiliki pemikiran yang berbeda dengan agama lain sehingga tidak bisa disamakan begitu saja.

  1. Inklusifisme

Inklusifisme adalah sebuah paham yang mengatakan bahwa agama yang kita anut saat ini sama saja dengan agama lain. Agama yang satu dengan yang lainnya memiliki posisi yang sama dan bisa digunakan untuk saling melengkapi. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan toleransi agama yang kita terapkan di Indonesia saat ini. Umat islam harus membentengi dirinya, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan murotal dari www.dataislami.com, yang merupakan salah satu situs tempat download murotal dan artikel islami.

Dalam toleransi beragama, kita harus menghormati agama orang lain tanpa perlu menyamakan status agama yang kita anut dengan agama lain. Paham inklusifisme melarang kita untuk merasa bahwa agama kitalah yang paling benar sedangkan agama lain tidak benar. Semua agama memiliki posisi yang sama dalam paham inklusifisme.

  1. Sekulerisme

Sekulerisme atau sering kita sebut dengan paham sekuler adalah sebuah paham yang menganggap bahwa agama ini berbeda dengan sebuah negara, dunia dan sejenisnya. Menurut Rasulullah, ada dua jenis musuh umat Islam, yaitu orang kafir dan orang munafik. Jaringan Islam Liberal ini termasuk dalam golongan orang-orang yang munafik.

Bahkan, sebelum ini menyebar di masyarakat, sudah banyak lembaga Islam Liberal yang ada di Indonesia. Sebagian dari mereka mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat yang bernama The Asia Foundation atau TAF. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menghancurkan umat islam yang ada di Indonesia sehingga membuat JIL di Indonesia.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply