5
42

Menikmati Kesejukan Air Di Curug Cinulang Cicalengka Bandung

Menelusuri semua tempat wisata di bandung, mungkin tak akan pernah selesai hanya dalam satu hari. Karena ada banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi. Terutama buat anda yang suka wisata alam yang masih alami. Daerah bandung jawa barat terkenal dengan hawa pegunungannya yang sejuk. Dikelilingi oleh alam yang hijau dan masih alami. Hal ini membuat bandung, memiliki curug atau air terjun yang banyak sekali. Salah satu curug yang wajib anda kunjungi adalah curug cinulang cicalengka bandung. Salah satu curug yang masih alami dan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi Dan Rute Menuju Ke Curug Cinulang Cicalengka

Destinasi wisata bandung ini berada di perbatasan kabupaten sumedang dan bandung. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Lokasinya ada di curug sindulang, kecamatang cimanggung sumedang. Tempatnya memang masih masuk kota sumedang, tapi untuk menuju kesana lebih mudah lewat bandung. Nama asli air terjun ini adalah curug sindulang, tapi kini lebih dikenal sebagai curug cinulang. Untuk menuju ke air terjunnya memang cukup rumit. Anda harus menelusuri hutan wisata kareumbi masigit terlebih dahulu.

Rute memakai kendaraan pribadi, bisa langsung menuju ke jalan raya bandung. Anda ambil arah menuju ke garut dari arah cileunyi. Setelah masuk ke jalan by pass cicalengka. Anda akan melihat sebuah jembatan, ambil arah menuju villa aki enin. Ikuti arah jembatan, kalau ada perempatan dibawah jembatan pilih belok kiri. Dari arah itu anda tinggal lurus terus sekitar 8 km sampai menuju ke curug cinulang. Sepanjang jalan menuju tempat wisata ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Kanan kirinya terdiri dari perbukitan dan sawah yang hijau, jadi nikmati saja perjalannya. Dari pintu gerbang curug cinulang, anda harus jalan kaki untuk sampai ke bawah air terjunnya.

Fasilitas Lengkap Di Curug Cinulang Cicalengka

Walaupun keadaan curug cinulang cicalengka masih alami, tapi tempat ini memiliki fasilitas yang lengkap. Sudah ada toilet, mushala, tempat parkir, warung maakn dan lainnya. Tapi sayangnya banyak warung makan yang tidak tertata dengan rapi. Jadi terlihat agak kumuh, hanya dibuat dari kayu dan bambu di sekitar air terjun. Jadi tidak ada lokasi sendiri untuk warung makannya. Warung makan tersebut dibiarkan berdiri dengan bebas di sekitar air terjun. Dilihat dari bawah, akan ada banyak sekali warung tenda yang berdiri sembarangan begitu saja, hal ini membuat sampahnya banyak berserakan.

Tapi tidak mengurangi kesejukan air dari air terjun cinulang ini. Ada sebuah jembatan bambu yang bisa gunakan untuk berfoto berlatarbelakang air terjun yang jernih. Harga tiketnya sekitar Rp 10,000. Mungkin weekday dan weekend ada sedikit perbedaan harga. Disini anda bisa duduk di tepi air terjun sambil menikmati gorengan dan kopi hangat yang disediakan oleh warung makannya, harganya memang cukup terjangkau. Jadi anda tak perlu khawatir. Cobalah untuk berkeliling sepuasnya, menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

Anda bisa naik ke atas bukit, untuk melihat pemandangan alam curug cinulang cicalengka dari atas. Jangan lupa untuk bermain air dibawahnya. Kalau weekday, anda bisa bermain sepuasnya disini. Karena tidak banyak pengunjung. Sehingga anda bisa berenang, berfoto atau duduk santai tanpa takut diganggu oleh pengunjung lainnya. Menyenangkan bukan? Jalan menuju ke tempat wisata sudah halus, jadi cukup aman memakai kendaraan sendiri. selamat liburan

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply